PRESIDEN RESMIKAN KEK- KIJA TANJUNG LESUNG

Jakarta- Beritasatu.com 22 Peb 2014.  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung ...



Jakarta- Beritasatu.com 22 Peb 2014. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten, Senin (23/2) yang akan menjadi salah satu pusat wisata dunia dengan menonjolkan keunggulan
Presiden akan berangkat dari Istana Kepresidenan, Bogor besok pagi.
“Permohonan saya sebagai Ketua Dewan KEK Provinsi Banten, telah mendapat respons dari presiden. Dan Presiden Joko Widodo bersedia hadir untuk meresmikan operasional KEK Tanjung Lesung,” kata Plt Gubernur Banten Rano Karno di Serang, Banten sebagaimana rilis yang dikirimkan, Minggu (22/2).
KEK akan beroperasi sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 tahun 2012 yang didukung dengan Peraturan Gubernur Nomor 9 tahun 2015 tentang Pelimpahan Kewenangan Perizinan Investasi kepada Administrator KEK Tanjung Lesung. “Sebagai
kawasan khusus pariwisata, kami akan menampilkan seni tradisional khas Banten Selatan yang akan didukung pameran cinderamata khas Banten,” lanjutnya.
Di lokasi itu juga terdapat dua proyek pembangunan infrastruktur yaitu Bandar Udara Banten Selatan dan Jalan Tol Serang – Panimbang, yang melalui jalan tol Jakarta-Merak.
Rano mengatakan, syarat kesiapan beroperasi KEK Tanjung Lesung juga terlihat dari beberapa indikator yakni infrastruktur yang memadai, dan sumber daya manusia (SDM). Hal itu meliputi administrator KEK Tanjung Lesung, Badan Usaha Pembangunan dan Pengelola KEK Tanjung Lesung serta perangkat pengendalian administrasi. "Selain itu tersedia investor," kata dia.
Sementara Sekretaris Dewan Kawasan KEK Provinsi Banten Ali Fadillah mengatakan, penetapan Provinsi Banten sebagai lokasi KEK zona pariwisata sesuai dengan potensi
wilayah yaitu sebagai provinsi yang memiliki basis pariwisata berkelas dunia.
KEK Tanjung Lesung yang dikembangkan PT Jababeka dan PT banten West Java TDC merupakan tanjung yang berhadapan langsung dengan Selat Sunda dengan obyek wisata laut mulai pantai Anyer di utara hingga ke Taman Nasional Ujung Kulon di Selatan.
Ali, yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten menjelaskan, dengan modal lahan seluas 1.500 hektare (ha), lokasi KEK Tanjung Lesung juga memiliki garis pantai sepanjang 13 kilometer (km). Hal itu semakin memperkuat posisi KEK Tanjung Lesung sebagai zona pariwisata nasional berskala internasional.
Dia mengatakan, Tanjung Lesung telah memenuhi tiga komponen utama sebagai pusat wisata dunia berbasis maritim yakni daya tarik alam yang didukung budaya lokal, fasilitas akomodasi berstandar internasional bagi wisatawan serta aktivitas pariwisata berbasis maritim yang menjanjikan bagi pengembangan kepariwisataan nasional.
PT BWJ yang merupakan anak perusahaan PT Jababeka Tbk, telah menginvestasikan Rp 1,4 triliun untuk membangun kawasan ekonomi yang dilengkapi Five Stars Theme Park, di antaranya Maritime Learning and Research Center, Entertainment Center yang terdiri atas Disney Style Theme Park, Multimedia and Exhibition, dan Marina Tanjung Lesung.
PT BWJ akan mengembangkan KEK Tanjung Lesung berdasarkan konsep mixed development,yang dilengkapi resort bintang empat dan lima, lapangan golf, hotel, dan permukiman.
Rencananya, selain meresmikian KEK Tanjung Lesung, Presiden Jokowi juga akan melakukan groundbreaking pembangunan Kawasan Marina dan Terminal Cruise senilai Rp 586 miliar yang dibangun PT Pelindo II.


Related

Berita Saham Indonesia 102119085125947646

BUMN KONSTRUKSI U/ INVESTASI

19.360 INVESTOR SUDAH BERGABUNG

Friends Added

GRATIS SAHAMPEMENANG PREMIUM


Inilah - berita saham indonesia

Bareksa- BERITA SAHAM

Inilah Berita Ekonomi

Kontan Online - pasar modal

KONTAN - BERITA KEUANGAN

Bisnis - berita saham hari ini

IMQ - BERITA PASAR SAHAM

TAMBANG - berita pertambangan

SINDONEWS - berita ekonomi

ANTARA - saham dan makro ekonomi

BISNIS - BERITA PROPERTI

okezone - berita ekonomi

item