6 BUMN FORBES GLOBAL 2000

Jakarta  Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menggelar syukuran atas suksesnya enam perusahaan pelat merah masuk dal...

Jakarta Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menggelar syukuran atas suksesnya enam perusahaan pelat merah masuk dalam Forbes Global 2000. Kinerja mereka sebagai perusahaan terbuka (Tbk) sangat gemilang. “Keberhasilan enam BUMN ini semoga jadi pemicu BUMN yang lain untuk bisa lebih berprestasi lagi,” ujar Dahlan.

Dikatakan Dahlan, dengan potensi yang sangat besar, tak hanya keenam BUMN ini, BUMN lainnya juga punya peluang yang sama untuk bisa bersaing pada tingkat regional dan bahkan global.

“Kiranya ini bisa menginspirasikan BUMN lainnya untuk bangkit, meningkatkan kinerja, serta berprestasi pada tingkat global. Pada gilirannya akan memperkuat jajaran korporasi Indonesia yang siap masuk ke pasar internasional,” pungkas Dahlan hari ini di Jakarta.

Sebagaimana diketahui enam BUMN masing-masing PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri (persero) Tbk (BMRI), PT Telkom Indonesia (persero) Tbk (TLKM), PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BBNI), PT Semen Gresik Tbk (SMGR)dan PT Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk (PGN) masuk dalam jajaran 2000 perusahaan andalan global. Sebenarnya terdapat 10 perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam 2.000 perusahaan paling untung sedunia itu. Namun enam diantaranya adalah milik pemerintah. 

Menurut Majalah Forbes yang mendaftar 2.000 perusahaan papan atas dunia, krisis global rupanya tidak berpengaruh besar atas kinerja perusahaan-perusahaan ini. Bahkan perusahaan-perusahaan ini masih mengalami pertumbuhan penjualan dan laba sebanyak dua digit pada 2011.

Sebanyak 2.000 perusahaan tersebut membukukan pendapatan sebesar US$ 36 triliun atau naik 12%. Sedangkan dari sisi laba mencapai US$ 2,64 triliun atau naik 11%, dan memiliki aset US$ 149 triliun atau naik 8%. Digoyang krisis, nilai pasar perusahaan ini turun 0,5% sebesar US$ 37 triliun dengan jumlah karyawan sebanyak 83 orang di seluruh dunia.

Sementara itu, dalam pemeringkatan 2.000 perusahaan itu, Forbesmelihat dari sisi penjualan, laba, aset dan nilai pasar. Sedangkan negara yang terlingkup sebanyak 66 negara. Empat diantaranya merupakan negara baru. Dalam hal ini, sudah tradisi, perusahaan-perusahaan raksasa asal Amerika Serikat berhasil memasukan 524 perusahaannya dan kedua adalah Jepang sebanyak 258. Yang mengancam medua negara itu adalah China. China berada di posisi ke tiga, dengan menambah 15 perusahaan baru tahun ini. Sedangkan negara lainnya yang juga menambah jumlah perusahaan adalah Korea Selatan dengan total 68 perusahaan, India 61 perusahaan, dan Inggris 93 perusahaan. Indonesia sukses memasukan 10 perusahaannya di daftar Forbes 2.000. Enam diantaranya adalah perusahaan BUMN.
(adv/adv)

Related

Berita Saham Online 2433818122933859199
Powered by Investing.com

TELEGRAM SAHAMPEMENANG

SAHAMPEMENANG PREMIUM

CNN Indonesia | Berita Ekonomi

Finansial - ANTARA News

panenrayabersama

okezone bisnis

Ekonomi - VoA

BUMN Untuk Indonesia - ANTARA News

Tempo Bisnis

Liputan Ekonomi VOA

Bursa - ANTARA News

Bisnis - ANTARA News

Ekonomi - ANTARA News

Berita Terkini - ANTARA News

Tempo Berita Nasional

item