TIGA EMITEN BARU [IPO] KUARTAR II 2013

Tiga Calon Emiten Siap Melantai di Bursa Published: 5 Apr 2013 16:33 WIB             istimewa IMQ, Jakarta ...


Tiga Calon Emiten Siap Melantai di Bursa
Published: 5 Apr 2013 16:33 WIB

  
 
   
istimewa
IMQ, Jakarta —  Bursa Efek Indonesia (BEI) mengklaim ada tiga calon emiten yang akan melakukan penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO) pada kuartal II-2013, yakni PT Saratoga Investama Sedaya, PT Bank Mestika dan PT Semen Baturaja (Persero).

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, Uriep Budhi Prasetyo, mengatakan kepada pers di Jakarta, Jumat (5/4), ketiga emiten ini telah selesai melakukan paparan terbatas (mini ekspose) dalam pekan ini.

“Saratoga diperkirakan akan melakukan IPO sekitar Mei-Juni 2013, sedangkan Bank Mestika diperkirakan Juni 2013 dan PT Semen Baturaja (Persero) juga pada kuartal II-2013 ini,” katanya.

Untuk Saratoga, perusahaan private equity tersebut menunjuk PT UBS Securities, PT Indo Premier Securities dan PT Deutsche Securities sebagai penjamin pelaksana emisi efeknya.

Sedangkan PT Bank Mestika berencana melepas 10% saham ke publik, meski otoritas BEI meminta perseroan meninjau kembali persentase saham yang dilepas ke publik karena IPO dilakukan dengan melepas kepemilikan pemegang saham lama (divestasi).

"Kami meminta mereka menambah jumlah saham yang dilepas ke publik karena jumlah saham yang telah dicetak sangat minim dan akan membuat jumlah saham yang beredar (free float) sedikit sehingga nantinya akan dapat mempengaruhi likuiditasnya," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika proses tersebut lancar, maka Bank Mestika akan IPO pada Juni 2013 mendatang dengan menggunakan laporan keuangan Desember 2012.

Dalam aksi korporasi tersebut, perseroan menunjuk PT Ciptadana Securities sebagai penjamin pelaksana emisinya.

Sementara itu, untuk PT Semen Baturaja, BEI telah menerima dokumen pernyataan pendaftaran sejak akhir Maret 2013, di mana perseroan akan melepas 35% sahamnya ke publik pada kuartal II-2013.
Author: Irwen Azhari

Related

Data Saham Indonesia 827598749159538809
Powered by Investing.com

TELEGRAM SAHAMPEMENANG

SAHAMPEMENANG PREMIUM

CNN Indonesia | Berita Ekonomi

Suara.com - Berita Terbaru Bisnis

Finansial - ANTARA News

okezone bisnis

Ekonomi - VoA

BUMN Untuk Indonesia - ANTARA News

Tempo Bisnis

Liputan Ekonomi VOA

Bursa - ANTARA News

Bisnis - ANTARA News

Ekonomi - ANTARA News

Berita Terkini - ANTARA News


item