BBM NAIK HARGA, APA KATA HATTA ?

Wednesday, June 12, 2013       09:23 WIB Harga BBM Naik, Pemerintah Optimistis S&P Bakal Naikkan Rating Indonesia Ipotnews  – Pem...

Wednesday, June 12, 2013       09:23 WIB
Harga BBM Naik, Pemerintah Optimistis S&P Bakal Naikkan Rating Indonesia

Ipotnews – Pemerintah optimistis lembaga rating internasional, Standard and Poor’s (S&P), akan menaikkan peringkat kredit Indonesia dari “stabil” ke “positif”, setelah harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinaikkan.

Saat ini, Indonesia mengantongi peringkat “investment grade” (layak investasi) dari Fitch Ratings dan Moody’s Rating.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menyatakan peluang kenaikan rating tersebut cukup besar jika melihat pandangan S&P yang menurunkan peringkat Indonesia dari “positif” ke “stabil” akibat penundaan kenaikan harga BBM. “Mereka melihatnya belanja subsidi Indonesia sangat besar untuk hal-hal yang tidak produktif,” papar Hatta di Pontianak, Rabu (12/6).

Jika tidak menaikkan harga BBM, Hatta menilai jumlah subsidi energi terlalu besar dari yang seharusnya. Saat ini, subsidi BBM mencapai Rp297 triliun, listrik sebesar Rp100 triliun, dan pupuk Rp48 triliun, sehingga secara keseluruhan jumlahnya sekitar Rp445 triliun.

Hatta menyatakan, subsidi pupuk dan pangan jauh lebih penting dibandingkan subsidi energi, yang dinilai tidak tepat sasaran. Bahkan jika perlu jumlah subsidi pupuk dinaikkan. Sementara subsidi energi yang besar seharusnya bisa dialihkan untuk pembangunan infrastruktur.

“Subsidi BBM Rp200 triliun, itu sangat besar. Padahal kalau buat jalan dari Aceh ke Lampung saja itu hanya butuh Rp60 triliun, ditambah pembebasan lahan bisa Rp70 triliun. Itu jalan baru dari Aceh-Lampung bebas hambatan yang bisa dinikmati semua masyarakat,” papar Hatta.

Dengan mendorong infrastruktur, dia menambahkan, semua ongkos produksi masyarakat menjadi murah. Bahkan area tersebut nantinya akan berkembang dan tumbuh usaha baru, selanjutnya, makin banyak tenaga kerja yang terserap, sehingga angka kemiskinan pun berkurang. (Fitriya/ef)

Related

Berita Saham Online 2275397573636654937

BUMN KONSTRUKSI U/ INVESTASI

18.100 INVESTOR SUDAH BERGABUNG

Friends Added

GRATIS SAHAMPEMENANG PREMIUM


Inilah - berita saham indonesia

Inilah Berita Ekonomi

Kontan Online - pasar modal

KONTAN - BERITA KEUANGAN

Bisnis - berita saham hari ini

IMQ - BERITA PASAR SAHAM

TAMBANG - berita pertambangan

SINDONEWS - berita ekonomi

ANTARA - saham dan makro ekonomi

BISNIS - BERITA PROPERTI

okezone - berita ekonomi

BERITA RESMI SEKRETARIS KABINET

item