AMERIKA SHUTDOWN ? BUKAN HAL YANG LUAR BIASA

Dalam sejarah perjalanan bangsa Amerika sangat akrab dengan shutdown (pemberhentian sementara sebagian fungsi pemerintahan kare...






Dalam sejarah perjalanan bangsa Amerika sangat akrab dengan shutdown (pemberhentian sementara sebagian fungsi pemerintahan karena ada permasalahan anggaran) dan shutdown sudah berulang sebanyak 17 kali, terakhir shutdown terjadi di masa pemerintahan Clinton 1995/1966 (17 tahun yang lalu). Shutdown itu lahir lebih dikarenakan pertarungan politik kepentingan antara demokrat vs republik. Shutdown itu bersifat temporer, lamanya shutdown biasanya berlangsung hanya dalam hitungan hari dan minggu, tidak sampai bulan.
  Government shutdown  jangan serta merta diartikan  bahwa  pemerintahan benar-benar lumpuh. Fungsi utama dari pemerintahan seperti pertahanan dan keamanan nasional, kantor pos, rumah sakit, airport, terminal, penegakan hukum, investigasi kriminal, perawatan narapindana, dan fungsi-fungsi pemerintahan penting lainnya akan tetap berjalan normal.

Kita semua tentu berharap semoga pada tanggal 1 Oktober (waktu Amerika) nanti tidak terjadi shutdown, kalaupun harus terjadi bukanlah sesuatu yang luar biasa dan tidak perlu direspon secara berlebihan.

Referensi : http://nasional.kompas.com/read/2011/04/09/16070272





Related

Intermarket Analysis 4124299806838843360
Powered by Investing.com

TELEGRAM SAHAMPEMENANG

SAHAMPEMENANG PREMIUM

CNN Indonesia | Berita Ekonomi

Suara.com - Berita Terbaru Bisnis

Finansial - ANTARA News

okezone bisnis

Ekonomi - VoA

BUMN Untuk Indonesia - ANTARA News

Tempo Bisnis

Liputan Ekonomi VOA

Bursa - ANTARA News

Bisnis - ANTARA News

Ekonomi - ANTARA News

Berita Terkini - ANTARA News


item