AMERIKA SHUTDOWN ? BUKAN HAL YANG LUAR BIASA

Dalam sejarah perjalanan bangsa Amerika sangat akrab dengan shutdown (pemberhentian sementara sebagian fungsi pemerintahan kare...






Dalam sejarah perjalanan bangsa Amerika sangat akrab dengan shutdown (pemberhentian sementara sebagian fungsi pemerintahan karena ada permasalahan anggaran) dan shutdown sudah berulang sebanyak 17 kali, terakhir shutdown terjadi di masa pemerintahan Clinton 1995/1966 (17 tahun yang lalu). Shutdown itu lahir lebih dikarenakan pertarungan politik kepentingan antara demokrat vs republik. Shutdown itu bersifat temporer, lamanya shutdown biasanya berlangsung hanya dalam hitungan hari dan minggu, tidak sampai bulan.
  Government shutdown  jangan serta merta diartikan  bahwa  pemerintahan benar-benar lumpuh. Fungsi utama dari pemerintahan seperti pertahanan dan keamanan nasional, kantor pos, rumah sakit, airport, terminal, penegakan hukum, investigasi kriminal, perawatan narapindana, dan fungsi-fungsi pemerintahan penting lainnya akan tetap berjalan normal.

Kita semua tentu berharap semoga pada tanggal 1 Oktober (waktu Amerika) nanti tidak terjadi shutdown, kalaupun harus terjadi bukanlah sesuatu yang luar biasa dan tidak perlu direspon secara berlebihan.

Referensi : http://nasional.kompas.com/read/2011/04/09/16070272





Related

Intermarket Analysis 4124299806838843360

BUMN KONSTRUKSI U/ INVESTASI

19.000 INVESTOR SUDAH BERGABUNG

Friends Added

GRATIS SAHAMPEMENANG PREMIUM


Inilah - berita saham indonesia

Bareksa- BERITA SAHAM

Inilah Berita Ekonomi

Kontan Online - pasar modal

KONTAN - BERITA KEUANGAN

Bisnis - berita saham hari ini

IMQ - BERITA PASAR SAHAM

TAMBANG - berita pertambangan

SINDONEWS - berita ekonomi

ANTARA - saham dan makro ekonomi

BISNIS - BERITA PROPERTI

okezone - berita ekonomi

item