500 TRILIUN ? INDONESIA LAYAK & SIAP !

China Investasi US$51 M Di Indonesia Rabu, 02 Oktober 2013 21:34 WIB doc: Reuters Presiden China Xi Jinping dan Presiden Susilo Bamb...

China Investasi US$51 M Di Indonesia
Rabu, 02 Oktober 2013 21:34 WIB
Jakarta- China sepakat menanamkan investasi di bidang perdagangan sebesar US$51 miliar di Indonesia. Dalam kunjungan kenegaraan di Istana Merdeka, Rabu (2/10/2013) Presiden China, Xi Jinping juga menandatangani tiga nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU). MoU tersebut meliputi bidang perikanan, pertanian, pariwisata, riset teknologi, dan kerjasama luar angkasa.
"Perdagangan yang makin kuat dan berimbang akan membawa manfaat yang riil baik bagi Tiongkok maupun Indonesia," kata Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) usai pertemuan bilateral di Istana Merdeka.
Presiden SBY mengatakan, investasi China di Indonesia mengalami peningkatan. Ia pun menyambut baik kehadiran delegasi bisnis besar dari China yang dibawa oleh Presiden Xi."Ini tentu bagus bagi kemitraan di antara dunia usaha Indonesia dan dunia usaha Tiongkok untuk kerjasamanya yang akan datang," ujarnya.

Menurut SBY, sebagai mitra strategis yang komprehensif, kedua negara sepakat meningkatkan cakupan kerjasama dan kemitraan seluas-luasnya di berbagai bidang. Baik kerjasama bilateral maupun kerjasama pada tingkat kawasan maupun tingkat dunia. Termasuk perlunya dialog dan konsultasi politik terus menerus. Indonesia dan China juga sepakat meningkatkan kerjasama dalam konteks ASEAN plus, EAS, APEC, dan G-20.
"Indonesia mendukung penuh kepemimpinan Tiongkok untuk menjadi tuan rumah APEC pada tahun mendatang dan pada saatnya nanti menjadi tuan rumah G-20," kata SBY.
China usul bank investasi infrastruktur Asia

Di sisi lain, Presiden China mengusulkan pendirian bank investasi infrastruktur Asia. Tujuannya, untuk mendorong proses pembangunan interkoneksi dan integrasi ekonomi di kawasannya dan ASEAN.

"Pihak Tiongkok mengusulkan membangun bank investasi infrastruktur Asia dan menyediakan dukungan dana untuk pembangunan infrastruktur kepada negara-negara berkembang di kawasannya, termasuk negara-negara ASEAN," ujar Presiden Xi.
Ia menambahkan, bank investasi infrastruktur Asia akan berkerjasama dengan bank pembangunan bilateral yang ada sekarang ini. Keduanya akan saling mengisi bersama-sama mendorong perkembangan ekonomi ASEAN secara berkelanjutan.[008-Viva]



Related

Berita Saham Online 3798164308867760959

BUMN KONSTRUKSI U/ INVESTASI

19.000 INVESTOR SUDAH BERGABUNG

Friends Added

GRATIS SAHAMPEMENANG PREMIUM


Inilah - berita saham indonesia

Bareksa- BERITA SAHAM

Inilah Berita Ekonomi

Kontan Online - pasar modal

KONTAN - BERITA KEUANGAN

Bisnis - berita saham hari ini

IMQ - BERITA PASAR SAHAM

TAMBANG - berita pertambangan

SINDONEWS - berita ekonomi

ANTARA - saham dan makro ekonomi

BISNIS - BERITA PROPERTI

okezone - berita ekonomi

item