BUNG KARNO : LEIMENA, MENTERI PALING JUJUR

  Presiden Jokowi baru saja mereshuffle sejumlah menteri kabinet kerja. Beberapa menteri baru dipilih agar bisa bekerja cepat d...






 Presiden Jokowi baru saja mereshuffle sejumlah menteri kabinet kerja. Beberapa menteri baru dipilih agar bisa bekerja cepat dan memenuhi target. Jokowi memanggil pulang Sri Mulyani dan Arcandra Tahar dari luar negeri.
Ada kisah menarik bagaimana Presiden Soekarno memilih menterinya. Saat itu dia memilih Johannes Leimena, seorang dokter desa sebagai salah satu menteri. Soekarno menyebut Leimena sebagai orang paling jujur yang pernah dia temui.

"Begini, aku ingin kau menjadi menteri," kata Soekarno pada Leimena. Enteng saja, dan jadilah Leimena seorang menteri. Demikian ditulis dalam Biografi Soekarno, Penyambung Lidah Rakyat, yang ditulis Cindy Adams.

Sebagai negara yang baru merdeka, banyak kisah menarik dari menteri Leimena. Tiba-tiba saja seorang dokter pedesaan harus mewakili sebuah bangsa dalam perundingan diplomatik di luar negeri.

Parahnya lagi, Leimena tak punya pakaian pantas. Kemejanya cuma dua helai. Jika satu dipakai, maka satunya lagi dicuci. Leimena juga tak punya jas dan dasi. Dia bukan tipe pejabat Indonesia yang seenaknya keluar negeri pakai fasilitas negara dan belanja-belanja pakai duit rakyat.

Maka di suatu perundingan, Leimena terpaksa meminjam jas dan dasi dari teman satu kamar. Untungnya ukuran kedua pria itu tak jauh berbeda. Walau tak nyaman, Leimena tetap memakainya.

"Hanya untuk beberapa jam saja, aku bisa mengatasinya. Jangan khawatir aku tidak akan bikin malu negara kita," tegas Leimena.

Para diplomat dadakan dengan gaya percaya diri mewakili Indonesia berunding. Duduk semeja dengan para politikus dunia bersetelan jas mahal dan topi laken dari Eropa. Mereka semua memanggil delegasi Indonesia dengan sebutan 'Yang Mulia' sebagai panggilan kehormatan.

"Orang-orang desa dengan baju pinjaman, beberapa dengan sepatu pinjaman, berunding dengan para bangsawan bergelar Sir atau Lord. Kesulitan terbesar dari para menteriku adalah menahan ketawa bila memikirkan keganjilan ini," kata Soekarno geli.

Merdeka.Com




Related

Terkini 3511944617297990619
Powered by Investing.com

TELEGRAM SAHAMPEMENANG

SAHAMPEMENANG PREMIUM

CNN Indonesia | Berita Ekonomi

Suara.com - Berita Terbaru Bisnis

Finansial - ANTARA News

okezone bisnis

Ekonomi - VoA

BUMN Untuk Indonesia - ANTARA News

Tempo Bisnis

Liputan Ekonomi VOA

Bursa - ANTARA News

Bisnis - ANTARA News

Ekonomi - ANTARA News

Berita Terkini - ANTARA News


item