MENJADI INVESTOR SUKSES ? berpikirlah positip

Judul artikel kali ini mungkin mirip dengan seminar-seminar motivasi. Tidak mengapa, karena memang sebagai seorang trader Anda sebai...




Judul artikel kali ini mungkin mirip dengan seminar-seminar motivasi. Tidak mengapa, karena memang sebagai seorang trader Anda sebaiknya tetap memiliki motivasi yang tinggi untuk menjadi sukses. Berbicara mengenai kesuksesan – apalagi sebagai seorang trader – tidak lengkap rasanya tanpa mengikutsertakan peran pengembangan diri. Setiap hari Anda akan dihadapkan pada sekian banyak ketidakpastian. Anda akan diuji dengan berbagai macam situasi pasar. Kesuksesan Anda akan ditentukan oleh bagaimana Anda bereaksi terhadap sekian banyak tantangan tersebut. Sebagai trader Anda tentunya sering menemui situasi pasar yang tidak berpihak pada keberuntungan Anda. 

Seringkali pasar bergerak berlawanan dengan keinginan Anda. Kerugian demi kerugian membayangi keuntungan yang Anda peroleh. Pada saat-saat seperti itu mungkin Anda merasa semakin sulit untuk bisa konsisten dalam meraih profit. Mungkin pula Anda mulai berpikir apakah Anda akan benar-benar bisa untung dari kegiatan trading Anda. Cita-cita untuk menjadi full-time trader pun semakin pupus. Situasi yang tidak mengenakkan tersebut seringkali membuat para trader (pemula) semakin kehilangan semangat trading. Dalam kondisi demikian, seringkali muncul pikiran bahwa trading tidak lebih adalah sumber stress yang luar biasa. Tidak jarang mereka mulai dihinggapi penyesalan karena telah memberanikan diri untuk berkecimpung dalam dunia trading. Jika perasaan seperti itu menghinggapi Anda, maka itulah waktu yang tepat untuk duduk santai sejenak di sofa atau kursi kesayangan Anda dan mulai membangun kembali kemampuan berpikir positif (positive thinking) Anda. 

Ini penting, sebab dari yang saya pelajari ternyata para trader sukses telah membuat terobosan yang penting dalam pengembangan diri mereka, yaitu bahwa mereka selalu berusaha untuk menjadi positif dalam pikiran, sikap dan tindakan. Pada umumnya orang menganggap bahwa berpikir positif itu tidak semudah yang diucapkan. Wajar saja mereka berpendapat seperti itu karena mungkin mereka tidak mengetahui apa saja sebenarnya yang perlu dilakukan untuk menjadi trader yang selalu berpikir positif.

 Mungkin akan terdengar konyol, namun mulailah dengan mencoba untuk bangun pagi setiap hari, bercermin dan berkata pada diri Anda, “Saya trader yang hebat, saya trader yang pintar, dan semua orang mencintai saya!” Ucapkan dengan sungguh-sungguh seperti Tung Desem Waringin atau Mario Teguh selalu penuh semangat itu. Memberikan semangat positif pada diri Anda sendiri adalah langkah awal yang baik. Hal itu akan membantu Anda untuk membentuk mindset yang positif. Kemudian, evaluasi setiap pikiran buruk yang sering muncul di pikiran Anda. Misalnya rasa takut loss yang sering menghinggapi pikiran Anda, rasa khawatir bahwa pasar akan bergerak berlawanan dengan perkiraan Anda, dan hal-hal yang semacam itu. Pahami bahwa Anda – dan HANYA Anda sendiri – yang bisa mengubah bahkan mengeliminasi pikiran-pikiran negatif seperti itu. Sadari bahwa pasar memang senantiasa akan bergerak naik dan turun. 

Performa trading Anda pun tentunya akan demikian juga. Santai saja, hal itu TERJADI pada SEMUA trader, bahkan pada trader yang paling HEBAT sekalipun. Jadi mengapa harus khawatir dengan naik-turunnya performa trading Anda, padahal SEMUA trader top dunia juga mengalami pasang-surut dalam trading? Toh mereka juga pada akhirnya bisa menjadi trader sukses kan? Coba bayangkan diri Anda sebagai trader sukses. Bayangkan bahwa Anda telah sampai ke tahap di mana Anda bisa dengan cepat mengidentifikasi perubahan pasar dan segera bisa mengambil tindakan yang perlu tanpa ada rasa ragu sedikit pun. Bayangkan bahwa setiap tindakan Anda itu menghasilkan profit demi profit yang memungkinkan Anda untuk mewujudkan setiap impian Anda. Lenyapkan semua pikiran negatif yang ada di pikiran Anda. Pikirkan dan lakukan hanya hal-hal yang positif, termasuk dalam berbicara. Upayakan untuk selalu membicarakan hal-hal yang positif. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa bahkan dalam tragedi pun ada pelajaran positif yang bisa dipetik. 

Misalnya, ketika Anda harus cut-loss, maka sadarilah bahwa memang itulah tindakan yang diperlukan untuk menyelamatkan aset yang lebih besar, yaitu akun trading Anda. Cobalah untuk berkata, “Untung sudah saya cut-loss. Saya bisa bernafas lebih lega karena saya sekarang sudah tidak peduli ke mana pun harga bergerak. Toh besok atau lusa saya masih bisa mencari peluang yang lebih baik. Life doesn’t stop here, my man!” Perkataan yang positif akan memenuhi alam bawah sadar Anda dengan ide-ide yang positif pula. Sebaliknya, perkataan yang negatif hanya akan semakin menenggelamkan potensi Anda sebagai trader yang hebat. Tidak kalah pentingnya adalah usahakan untuk selalu berada di lingkungan para trader yang juga highly-motivated dan memiliki pemikiran positif yang serupa. Sikap pesimis itu sangat gampang menular, maka hindari untuk bergaul dengan para trader yang selalu menggerutu tiap kali pasar menjemput level stop loss mereka. Cara berpikir dan bersikap seperti yang telah dipaparkan di atas akan sangat membantu Anda untuk memperkuat keyakinan bahwa Anda akan berhasil sebagai trader. Jika Anda konsisten berpikir seperti itu, motivasi Anda akan semakin tinggi dan – dengan izin Tuhan – mudah-mudahan gerbang kesuksesan akan segera terbuka bagi Anda. Aamiin.



Related

Terkini 2459622284647089752

BUMN KONSTRUKSI U/ INVESTASI

19.350 INVESTOR SUDAH BERGABUNG

Friends Added

GRATIS SAHAMPEMENANG PREMIUM


Inilah - berita saham indonesia

Bareksa- BERITA SAHAM

Inilah Berita Ekonomi

Kontan Online - pasar modal

KONTAN - BERITA KEUANGAN

Bisnis - berita saham hari ini

IMQ - BERITA PASAR SAHAM

TAMBANG - berita pertambangan

SINDONEWS - berita ekonomi

ANTARA - saham dan makro ekonomi

BISNIS - BERITA PROPERTI

okezone - berita ekonomi

item