IBU SINTA WAHID 100 ORANG BERPENGARUH DI DUNIA

Jakarta,  NU Online Ny Hj Sinta Nuriyah masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh tahun 2018 versi majalah  Time  yang diril...


Jakarta, NU Online
Ny Hj Sinta Nuriyah masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh tahun 2018 versi majalah Time yang dirilis pada Kamis (19/4).

Istri mantan Presiden keempat, KH Abdurrahman Wahid ini dianggap sebagai Muslimah feminis yang memperjuangkan kaum minoritas.

Nyai Sinta dianggap konsisten menyerukan Islam toleran sekaligus seorang feminis dalam ajaran tersebut. Semangat ini pula yang ditunjukkan Gus Dur saat masih menjabat sebagai presiden. 




Ibu empat orang anak ini mencontohkan perbedaan keagamaan itu seperti taman bunga. Di situ, ada mawar, melati, anggrek, ataupun Sita-Ashok. 

"Tidak ada yang bisa memaksa mawar untuk menjadi melati atau anggrek menjadi Sita-Ashok," katanya seperti dilansir Time.com.

Meskipun beberapa tahun belakangan kelompok Islam garis keras semakin sulit untuk merawat taman itu, tapi ia tak terkejut.

Perempuan berlatar belakang pendidikan hukum Islam dan kajian perempuan itu juga membuatnya memahami politisasi agama yang kejam terhadap perempuan dan minoritas itu.

Sebelumnya, pada tahun 2017, New York Times juga menempatkannya sebagai salah satu dari 11 perempuan paling berpengaruh di dunia.

Penghargaan tersebut direspon putri kedua Nyai Sinta, Zannuba Arifah Chafsoh yang disampaikan melalui akun Instagramnya.

"Kami pun sangat bangga atas pengakuan yang diberikan oleh majalah @time atas pengabdian ibu kami selama ini sehingga beliau dianugerahi sebagai 1 dari 100 orang paling berpengaruh di dunia thn 2018 ini," tulis pemilik akun @yennywahid itu, Jumat (20/4).

Meskipun ada keterbatasan fisik, Yenny menggambarkan bahwa ibunya terus memperjuangkan orang-orang yang mungkin lebih sempurna secara fisik, tetapi teraniaya karena keyakinannya.


Related

Terkini 238691729470803798
Powered by Investing.com

TELEGRAM SAHAMPEMENANG

SAHAMPEMENANG PREMIUM

CNN Indonesia | Berita Ekonomi

Suara.com - Berita Terbaru Bisnis

Finansial - ANTARA News

okezone bisnis

Ekonomi - VoA

BUMN Untuk Indonesia - ANTARA News

Tempo Bisnis

Liputan Ekonomi VOA

Bursa - ANTARA News

Bisnis - ANTARA News

Ekonomi - ANTARA News

Berita Terkini - ANTARA News


item