MIE JAGO

Ketika saya masih kecil, sangat egois dan selalu mengambil yang terbaik untuk diri sendiri. Perlahan, semakin byk orang menjauhi saya. S...


Ketika saya masih kecil, sangat egois dan selalu mengambil yang terbaik untuk diri sendiri. Perlahan, semakin byk orang menjauhi saya. Saya tidak berpikir itu salah saya tetapi mengkritik dan menyalahkan orang lain.

Ayah memberi saya 3 nasehat "memilih mie" untuk membantu saya agar bijak menjalani hidup.

Suatu hari, ayah saya memasak 2 mangkuk mie dan meletakkan 2 mangkuk di atas meja. Satu mangkuk hadir dengan satu telur di bagian atas mie dan mangkuk lainnya tidak memiliki telur di atasnya.

Ayah berkata, "Anakku. Silahkan kamu pilih. Mangkuk mana yang kamu inginkan ”. Telur sulit didapat saat itu! Hanya bisa makan telur selama festival atau Tahun Baru. Tentu saja saya memilih mangkuk dengan telur! Saat kami mulai makan. Saya mengucapkan selamat kepada diri sendiri atas pilihan dan keputusan bijak yan dilakukan dan mendapatkan telur itu. Lalu saya terkejut ketika ayahku makan mie, ada dua telur di bawah mangkuknya, tersembunyi di bagian bawah mie! Saya sangat menyesal! Dan memarahi diriku sendiri karena terlalu terburu-buru dalam keputusanku. Ayah tersenyum dan iba kepada saya, ”Anakku. Kamu harus ingat apa yang dilihat mata Anda mungkin tidak benar. Jika kamu berniat mengambil keuntungan dari orang-orang, kamu akan berakhir dengan kekalahan !”

Keesokan harinya, ayah kembali memasak 2 mangkuk mie: satu mangkuk dengan telur di atasnya dan mangkuk lainnya tanpa telur di atasnya. Sekali lagi, dia meletakkan dua mangkuk di atas meja dan berkata kepada saya, ”Anakku. Silahkan kamu pilih. Mangkuk mana yang kamu inginkan? ”Kali ini saya lebih pintar, memilih mangkuk tanpa telur di atasnya. Yang mengejutkan, saat saya memisahkan mie di atas, tidak ada satu pun telur di dasar mangkuk ! Sekali lagi ayah tersenyum dan berkata kepada saya, “Anakku, kamu tidak harus selalu bergantung pada pengalaman karena kadang-kadang, hidup dapat mengecohmu atau menipu kamu. Tetapi tidak boleh terlalu sedih atau menyesalinya, justru perlu perlakukan hal ini sebagai pengkayaan wawasan yang didapat dari proses pembelajaranmu. Kamu tidak akan mendapatkan pelajaran semacam ini dari buku teks atau bangku kuliah.

Hari ketiga, ayah lagi memasak 2 mangkuk mie, lagi satu mangkuk dengan telur di atas dan mangkuk lainnya tanpa telur di atasnya. Dia meletakkan 2 mangkuk di atas meja dan kembali berkata kepada saya, ”Anakku. Silahkan kamu pilih. Mangkuk mana yang kamu inginkan ?”. Kali ini, aku memberi tahu ayahku, "Ayah, kamu pilih dulu. Ayah adalah kepala keluarga dan berkontribusi paling banyak kepada keluarga." Ayah tidak menolak dan memilih mangkuk dengan satu telur di atasnya. Saat saya makan semangkuk mie saya, di hati berkata pasti tidak ada telur di dalam mangkuk. Yang mengejutkan saya ! Ada dua telur di dasar mangkuk.

Ayah saya tersenyum kepada saya dengan cinta di matanya, "Anakku, kamu harus ingat! Ketika kamu berpikir untuk kebaikan orang lain, hal-hal baik akan selalu terjadi pada dirimu !"

Dalam hidup ini, saya selalu ingat 3 nasehat "milih mie" ayah.
*) copasan wag

falsafah dari timur

Related

Terkini 3150958763500130788
Powered by Investing.com

TELEGRAM SAHAMPEMENANG

SAHAMPEMENANG PREMIUM

CNN Indonesia | Berita Ekonomi

Suara.com - Berita Terbaru Bisnis

Finansial - ANTARA News

okezone bisnis

Ekonomi - VoA

BUMN Untuk Indonesia - ANTARA News

Tempo Bisnis

Liputan Ekonomi VOA

Bursa - ANTARA News

Bisnis - ANTARA News

Ekonomi - ANTARA News

Berita Terkini - ANTARA News


item