PEMIMPIN

Sebuah tontonan menarik, menegangkan juga mencerahkan . Dari kapten Ernest kita banyak belajar tentang leadership. Seorang pemimpin yang...


Sebuah tontonan menarik, menegangkan juga mencerahkan. Dari kapten Ernest kita banyak belajar tentang leadership. Seorang pemimpin yang baik itu tetap tenang meski berbagai bahaya menghadang. Tetap cool. Bila komandan panik, apalagi pasukannya ?

Ia tidak memaki musuhnya, wajahnya sedih tatkala ia melihat hamparan minyak yang terapung di laut karena U-boat musuh yang berhasil ia tenggelamkan.

Kapten Ernest selalu mengucapkan kata -terima kasih- atas setiap hal baik yg dia terima. Kata yang sakti, yang membuat orang lain merasa dihargai. Ia bahkan menyelipkan kata -thank you- saat berbalas pesan radio ! Sebuah teladan yang bagus.

Saat genting datang, BBM dan amunisi menipis dan terpaksa harus melanggar protokol -tidak perlu melakukan manuver zig-zag untuk menghemat bensin - ia membicarakannya secara pelan-pelan dengan wakilnya (XO, Executive Officer).

Ini sikap pemimpin sejati. Anak buah tak boleh tahu kesulitan komandan. Anak buah bila tahu keadaan genting, secara naluriah ia akan menceritakan pada rekan lainnya, lalu satu kapal akan tahu semua ! Mereka bisa ciut nyali, semangat tempur langsung anjlog dan itu berbahaya !

Ia tegar, penuh percaya diri dan mantap dalam mengambil keputusan. Tidak ragu, karena ia punya keyakinan ada yang menopangnya dalam setiap langkah. Ini pelajaran berharga.

Gunawan Wibisono

#inspirasi #pemenang
sahampemenang

Related

Terkini 8095243273303123179
item