IMF : EKONOMI INDONESIA MELAJU MAJU

Jakarta, CNBC Indonesia -  Tim International Monetary Fund (IMF) yang dipimpin oleh Thomas Helbling melakukan diskusi virtual mengenai perek...


Jakarta, CNBC Indonesia - Tim International Monetary Fund (IMF) yang dipimpin oleh Thomas Helbling melakukan diskusi virtual mengenai perekonomian Indonesia untuk Konsultasi Article IV 2020 dari tanggal 25 November hingga 11 Desember 2020. Thomas Helbling merupakan Mission Chief IMF untuk Indonesia.

Dalam diskusi itu, IMF memberikan beberapa penilaian positif mengenai perkembangan ekonomi Indonesia, terutama soal beberapa kebijakan seperti Undang-undang (UU) Cipta Kerja dan bergabungnya Indonesia dalam pakta perdagangan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) .

Selain itu, IMF juga memiliki prediksi mengenai laju ekonomi ke depan.

"Indonesia merespons dengan paket kebijakan yang berani, komprehensif, dan terkoordinasi untuk mengatasi kesulitan sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19. Intervensi kebijakan yang tepat waktu juga membantu menjaga stabilitas keuangan makro dan eksternal melalui periode tekanan pasar global."



"Omnibus law tentang penciptaan lapangan kerja harus membantu menurunkan hambatan untuk investasi penciptaan lapangan kerja baru dan meningkatkan produktivitas. Penerapan RCEP di Indonesia akan memperkuat manfaat ini bagi Indonesia. Standar tata kelola yang berkualitas tinggi dalam pengaturan regulasi saat menerapkan omnibus law harus dipertahankan," ujar Heibling dalam kesempatan itu dilansir pernyataan resmi, Jumat (8/1/2021)

"Prospeknya positif. Membangun pemulihan ekonomi pada paruh kedua tahun 2020, Produk Domestik Bruto (PDB) riil diproyeksikan meningkat sebesar 4,8% pada tahun 2021 dan 6% pada tahun 2022, dipimpin oleh langkah-langkah dukungan kebijakan yang kuat, termasuk rencana distribusi vaksin COVID-19 serta peningkatan ekonomi global dan kondisi keuangan."

"Pengaturan kebijakan fiskal yang direncanakan untuk 2021 akan membantu mendorong pemulihan. Sambil mempertahankan beberapa pengeluaran darurat terkait pandemi mulai tahun 2020, anggaran 2021 mengalokasikan kembali sumber daya anggaran dan potensi pelimpahan untuk peningkatan pengeluaran berdampak tinggi, terutama investasi publik," paparnya.

Selain itu, IMF juga memberikan pujian bagi Indonesia dalam hal mengarahkan kepada ekonomi yang berbasis lingkungan.

"Kebijakan proaktif Indonesia dalam menangani masalah perubahan iklim dapat lebih menekankan pada ekonomi yang lebih hijau. Pada saat yang sama, kemajuan lebih lanjut dalam pemantauan dan pelaksanaan rencana adaptasi ke arah peningkatan ketahanan terhadap perubahan iklim akan diinginkan, mengingat tingginya keterpaparan Indonesia terhadap bahaya alam terkait," terang Helbling


 


Related

Terkini 1984532420110327657
Powered by Investing.com

TELEGRAM SAHAMPEMENANG

SAHAMPEMENANG PREMIUM

CNN Berita Ekonomi

DETIK BERITA EKONOMI


Warta Ekonomi -BERITA BISNIS

Kontan Online - pasar modal

KONTAN - BERITA KEUANGAN

IMQ Market Analysis

IMQ - BERITA PASAR SAHAM

TAMBANG - berita pertambangan

SINDONEWS - berita ekonomi

SINDO BERITA INTERNASIONAL

item