INSPIRASI SANG PEMENANG

15 Des 2013 |  WINDOW SHOPPING Inspirasi Sang Pemenang BY SULHA HANDAYANI Judul Buku: Angel & Demon, 30 Kisah Inspirasi San...


Inspirasi Sang Pemenang

BY SULHA HANDAYANI
Judul Buku: Angel & Demon,
30 Kisah Inspirasi Sang Pemenang
Pengarang: Helena Abidin, Suhartono Chandra, Timoteus Talip
Penerbit: Grasindo
Tebal: 223 halaman


Pernahkah terpikir tiga orang eksekutif membuat buku inspirasi  yang mudah dicerna dan enak dibaca? Itulah yang benar-benar terjadi ketika Helena Abidin seorang Marketing Communications dari brand otomotif terkemuka, Suhartono Chandra yang berprofesi sebagai konsultan marketing, serta Timoteus Talip seorang manajer bank swasta meracik sebuah buku di tengah-tengah kesibukan mereka.

Meskipun berbeda latar belakang,  ketiga penulis ini memiliki satu visi yakni membuat orang lain terinspirasi dengan cerita-cerita sukses si pemenang yang ada dalam buku ini.
Ketiganya mengaku butuh waktu sekitar enam bulan untuk dapat menyelesaikan buku tersebut. Sedangkan untuk mendapatkan kisah-kisah sukses dari orang yang ditulisnya ini,  masing-masing punya kedekatan dengan para penulisnya.  “Kami menemukan chemistry dengan para masing-masing orang yang ditulisnya, sehingga
terwujud buku ini,” tutur Helena.
Dalam buku setebal 223 halaman ini berisi 30 orang yang memiliki kisah sukses dalam meniti kariernya maupun kehidupan yang tengah dijalaninya. Mereka benar-benar berangkat dari bawah, dari bukan siapa-siapa menjadi  “seseorang”. Uniknya buku ini terbagi dalam lima bagian yang merupakan bagian dari Angel yakni sifat  alertnes, no compromise, generosity, enthusiasm dan loyalty.

Mereka  yang dianggap alertness yakni kesadaran atau sensitivitas atas apa yang terjadi di sekitar sehingga dapat mengambil langkah yang tepat unuk merespon kesempatan  kedua. Bagian keduano-compromise diperlukan waktu dan proses yang panjang agar sesorang terlatih bersikat tanpa kompromi untk menjadi sang pemenang. Bagian ketiga generosity yakni sikap positif untuk selalu berbagi.

Keempat,  kategori enthusiasm yang diartikan sebagai memiliki minat atau kesenangan terhadap sesuatu, kegairahan yang kuat terhadap salah satu sebab atau subyek. Antusiasme memberikan  energi, kekuatan, semangat yang luar biasa untuk meraih apa pun yang ingin dicapai dalam hidup. Antusiasme sangat diperlukan bila kita ingin meraih sebuah mimpi, mencapai tujuan dan target yang kita inginkan, meraih kehidupan yang sukses dan bahagia.
Terakhir adalah loyalty sebagai sikap dasar yang sangat penting untuk membangun fondasi yang kuat  menjadi Sang Pemenang. Sikap setia yang paling utama adalah setia pada diri sendiri, setia pada nilai?nilai hidup yang dijunjung sebagai bentuk respek terhadap diri sendiri. Setia pada diri sendiri berarti nyaman terhadap kekuatan dan kelemahan diri. Sikap ini tercermin dalam kisah hidup luar biasa Prof. DR HAR Tilaar yang mengantarnya melanglang buana bersama sang istri, Wilza Samakoen, yang dengan setia mengejar mimpi dan meraihnya dalam genggaman.  
Sang Pemenang

Dalam buku ini penulis memaparkan bahwa Sang Pemenang memiliki lima kepribadian utama yaitu Sang Pemimpi, Sang Pemikir, Sang Pencerita, Sang Pemimpin, dan Sang Pendaki.  Sang Pemenang adalah Sang Pemimpi yang memiliki mimpi besar. Dia juga Sang Pemikir yang memiliki visi hidup. Sebagai Sang Pencerita, maka Sang Pemenang memiliki tujuan hidup yang bisa diceritakan. Sang Pemenang sekaligus  menjadi Sang Pemimpin yang akan menjadi pemimpin setidaknya untuk jalan hidupnya sendiri. Ia juga Sang Pendaki yang membaktikan hidupnya kepada pendakian untuk mencapai kesuksesan dan kekaryaan.

Success is a journey, not a destination. Dengan kata lain sukses saat ini adalah suatu titik perhentian sementara, untuk kemudian melanjutkan lagi

perjalanan. Tidak ada jaminan bahwa satu kesuksesan pasti membawa pada kesuksesan berikutnya. Oleh sebab itu Sang Pemenang harus senantiasa mengikuti Angel  (malaikat) dan menjauhi Demon (kegelapan). Ini adalah semacam kompas pegangan Sang Pemenang.

Buka saja halaman 61 tentangseorang mantan direct sales Gabriella Kevinka Ika Keke. Dia masuk dalam kategori alertness karena dari hanya seorang direct sales yang kini memiliki sekitar 1.200 karyawan. Cerita sukses jatuh bangunnya Keke dalam berusaha tertera sampai halaman 66.

Pada halaman 68, presenter dan juga penyiar radio Farhan mengungkapkan bagaimana gejolak batinnya saat diketahui anak pertamanya Muhammad Rizdky mengidap spektrum autistik. Pasangan tersebut lantas harus berjuang mengatasi kedua anaknya berbeda karakter.

“Melihat perjuangan putra kami yang luar biasa dia awal kehidupannya, kami tidak punya alasan untuk putus asa, apalagi menyerah. Kami akan selalu memberikan yang terbaik untuk Ridzky dan Bisma, walaupun mungkin bukan yang terbaik di dunia,” ungkap Farhan.

Sosok lain yang juga berjuang dari bawah adalah sukses Anton Wirjono seorang  disc jockey  (DJ). Ia kini memiliki Brightspot, kafe dan distro. Semuanya karena dia melihat peluang dan pekerjaan bukan hanya mencari uang semata melainkan kepuasan hati.

Selain diisi denga kisah para pemenang, terdapat tiga kata pengantar dari orang-orang yang juga sukses. Mereka adalah Wimar Witoelar (konsultan komunikasi), Anthony Dio Martin (Direktur HRExcellency), dan Haryanto Kandani (achievement motivator).

Sayangnya, pada bagian indeks atau daftar ini, dalam buku ini kurang memberikan gambaran yang gamblang mengenai isi detail per halaman orang-orang sukses atau Sang Pemenang tersebut. Pembaca sedikit harus membolak-balikan rangkaian halaman jika hanya ingin mencari satu tokoh untuk dibacanya lebih dulu.(*)

Related

Sosial Humanitas 3304528522568521559

BUMN KONSTRUKSI U/ INVESTASI

18.100 INVESTOR SUDAH BERGABUNG

Friends Added

GRATIS SAHAMPEMENANG PREMIUM


Inilah - berita saham indonesia

Inilah Berita Ekonomi

Kontan Online - pasar modal

KONTAN - BERITA KEUANGAN

Bisnis - berita saham hari ini

IMQ - BERITA PASAR SAHAM

TAMBANG - berita pertambangan

SINDONEWS - berita ekonomi

ANTARA - saham dan makro ekonomi

BISNIS - BERITA PROPERTI

okezone - berita ekonomi

BERITA RESMI SEKRETARIS KABINET

item